Info&tanya jawab

Sabtu, 10 November 2018

Jaringan Pipa Jangkau Desa Nisanulan, Masyarakat Adat Gelar Serimonial Hode Wai

Foto: Kantor Camat Adonara
Masyarakat desa Nisanulan pada hari ini, Sabtu (10/11/2018) mengikuti serimonial penyambutan air bersih. Serimonial adat yang dikenal dengan nama "Hode Wai Lewo Gere" ini digelar sebagai rangkaian ritual menerima kehadiran air bersih masuk kampung.
Dalam ritual adat ini, masyarakat adat Adonara mengibaratkan air sebagai seorang perempuan. Ia dipinang dan diterima untuk melayani masyarakat desa. Ritual ini bermakna bahwa alam dijadikan sebagai ibu atau saudari yang mesti dicintai dan disayangi, bukan untuk dieksploitasi demi ego manusia.
Program pengadaan Air bersih di Desa Nisanulan ini menggunakan dana desa TA. 2017 dengan teknologi panel surya atau Solar Cell. Air dipompa dari mata air Waitupak yang berada di daerah yang lebih rendah ke bak penampung di daerah yang lebih tinggi. Dari bak penampung, air selanjutnya di salurkan ke Desa Nisanulan.
Pemerintah Kecamatan Adonara yang turut hadir saat itu menyatakan kebahagiaan sebagaimana yang dirasakan oleh masyarakat desa Nisanulan.

"Yang terpenting adalah pengaturan yang baik dalam pemanfaatannya dan pemeliharaan sumber mata air dan jaringannya agar lestari," ujar Ariston K. Ola Tokan selaku Camat Adonara. (Teks: Ariston K. O. Tokan, Edit: Simpet)
Foto: Kantor Camat Adonara


Foto: Kantor Camat Adonara

Foto: Kantor Camat Adonara

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar